Penelitian Empiris dan Tingkat Kepercayaan Pernyataan Abstrak

Jika penelitian empiris tidak pernah dapat membuktikan kebenaran pernyataan abstrak, maka bagaimana hal itu dapat mempengaruhi status pernyataan suatu teori? Sementara hasil penelitian empiris yang besifat konkret oleh tetap menjadikan pernyataan abstrak sebagai alat prediksi untuk menjelaskan kebenaran pernyataan tersebut. Reynolds memberikan contoh sebagai berikut:
"Semakin formal sikap anggota kelompok, semakin kohesif suatu kelompok"
Pernyataan ini akan disebut sebagai X pernyataan. Sebagai sebuah pernyataan abstrak, menjadi mustahil untuk membuktikan bahwa pernyataan itu benar, tapi terdapat kemungkinan untuk membuktikan bahwa pernyataan abstrak tersebut salah. Untuk membuktikannya maka dilakukan penelitian untuk pernyataan X. Penelitian ini dirancang untuk menentukan apakah pernyataan konkret, dianggap sebuah pendukungn kebenaran dari pernyataan X, yang dapat membentuk suatu deskripsi akurat tentang perilaku aktual. (Lihat contoh sebelumnya) bahwa pernyataan itu berlaku untuk sekelompok orang tertentu pada waktu tertentu, dan hal itu bisa saja benar dan bisa salah .

Untuk membuktikan hal tersebut, Jones dan Smith melakukan penelitian. Jones melakukan penelitian yang berkaitan dengan X sebagai pernyataan umum, dan hasil penelitiannya berhubungan dengan X sebagai pernyataan umum. Sementara penelitian Smith terhadap pernyataan X akan tergantung tiga faktor:
  1. Sikap Smith terhadap pernyataan X tidak diterima sebelum belajar dari hasil penelitian Jones.
  2. Hubungan antara pernyataan X dan hasil penelitian Jones.
  3. Jones menggunakan prosedur untuk mengumpulkan data-datanya
Jika Jones memiliki prosedur penelitian yang ceroboh, Smith mungkin skeptis terhadap hasil yang diperoleh Jones, sehingga Jones harus menggunakan prosedur penelitian yang benar agar Smith menerima Hasil penelitian Jones sebagai temuan yang tepat (empirical) (yaitu, hasil yang akan terjadi lagi jika prosedur yang sama diulang).

Untuk kasus yang pertama, Smith memiliki pendapat yang nyata tentang pernyataan X; Ada tiga kemungkinan hasil untuk penelitian Jones menurut Smith: baik yang mendukung pernyataan, tidak mendukung pernyataan itu, atau tidak meyakinkan. Jika hasil penelitian tidak dapat disimpulkan Jones, maka sikap Smith terhadap  pernyataan X akan mengalami perubahan. Jika hasil Jones baik mendukung atau tidak mendukung pernyataan (hasil empiris yang dilakukan atau tidak sesuai dengan pernyataan), maka hasilnya akan memiliki efek maksimum pada sikap Smith. Smith akan berubah dari posisi netral ke sikap yang lebih moderat bahwa pernyataan X berguna, tergantung pada hasil penelitian ilmiah Jones.

Sebagai perbandingan, mempertimbangkan situasi kedua, di mana Smith tahu dari study, yang konsisten dengan Statemen X. Akibatnya, Smith memiliki keyakinan yang tinggi di X pernyataan sebagai deskripsi berguna bagi suatu fenomena. Jika penelitian Jones adalah inconclusive, maka hasil itu tidak memiliki efek nyata pada sikap Smith terhadap pernyataan X, karena Smith sudah sangat yakin bahwa pernyataan itu berguna. Oleh karena itu, Smith mungkin bertanya mengapa Jones repot-repot melakukan penelitian, karena "kita sudah tahu bahwa".

Namun, jika hasil Jones tidak mendukung pernyataan X sebagai sesuatu yang berguna, karena ada lima "baik" studi yang konsisten dengan pernyataan. Jika menyajikan hasil Jones, yang tidak konsisten dengan pernyataan X tidak berguna untuk situasi Thet. Jika Smith puas bahwa prosedur Jones adalah memuaskan, maka sikapnya terhadap pernyataan X dapat dikurangi.
Berdasarkan uraian tersebut, maka Reynold menarik kesimpulan bahwa prosedur penelitian kongkret diarahkan pada (1) upaya untuk membuktikan pernyataan abstrak itu salah, (2) untuk mengklasifikasikan pernyataan abstrak sebagai suatu teori maka sikap ilmuan terhadap pernyataan abstrak sangat dipengaruhi oleh hasil penelitian empiris. Disamping itu hasil peenelitian Empiris tingkat kepercayaannya ditentukan oleh (1) hasil penelitian, (2) kualitas prosedur penelitian, dan 3) sikap ilmuwan terhadap pernyataan abstrak sebelum mengetahui temuan yang labih baru
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Jay Template | uak sena
Copyright © 2011. Administrasi Publik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger